Pengalaman Tidak Menerima Konfirmasi Tiket Online Agoda

Tanggal 29 Januari 2019, saya mendapatkan perintah dari kantor untuk booking hotel via online. Dari ketiga website booking hotel online, saya memilih Agoda atas persetujuan atasan dikarenakan harga cukup terjangkau. Namun saat melakukan pemesanan, saya mengalami masalah.

TIDAK MENERIMA VOUCHER TIKET HOTEL

Waktu itu saya ingat bahwa pembayaran tiket hotel by Internet Banking saya melalui doku.com yang linknya diberikan dari pihak Agoda. Pembayaran sudah saya lakukan. Disana muncul pemberitahuan berikut:

Terima kasih Fixxx. Pesanan Anda saat ini telah lengkap!

Dalam 10 menit ke depan, Anda akan menerima email berisi informasi pesanan dan Hotel voucher Anda.

ID Pesanan Anda adalah: 33431XXXX – silahkan gunakan nomor ini apabila Anda ingin menghubungi Agoda

Ketika check-in, berikan salinan cetak voucher Anda atau tunjukkan voucher pada mobile/tablet Anda kepada staf.

 

Kemudian saya langsung cek email untuk melihat tiket hotel. Namun selama beberapa jam, sampai keesokan harinya belum juga mendapatkan konfirmasi pesanan voucher tiket hotel. Padahal tagihannya sudah terkirim ke email saya. Jadi, nggak mungkin dong saya salah masukkin alamat email. Barangkali itu karena kesalahan sistem dari Agoda-nya.

Saat itu saya sudah mulai panik. Yang penting saya langsung mencatat ID Pesanan seperti di atas untuk mengkonfirmasi pembayaran. Saya coba cari layanan CS, tapi belum ketemu-ketemu. Malah saya baca beberapa pelanggan yang kecewa terhadap layanan AGODA juga.

  1. Agoda LUPUT tidak mengkonfirmasi pembayaran via Hotel   (KLIK DISINI UNTUK MEMBACA PENGALAMAN)
  2. Pihak Hotel menyatakan tidak memiliki hubungan dengan Agoda (KLIK DISINI UNTUK MEMBACA PENGALAMAN)
  3. Pembatalan Sepihak oleh Agoda (KLIK DISINI UNTUK MEMBACA PENGALAMAN)

Akhirnya saya mencoba mendaftarkan diri untuk membuat akun di Agoda agar pesanan saya terlacak. Namun, lagi-lagi, sistem menyatakan eror. Akhirnya akun sy belum bisa dipakai login.

Malam harinya saya masih mencoba untuk membuat akun dan verivikasi. Namun masih eror juga.

Baru di pagi harinya setibanya di kantor saya mencoba buat akun. Namun pemberitahuan menyatakan email saya sudah digunakan untuk akun. Sistem menyarankan untuk reset password. Duh duh. Mbelibet nyaa.. Udah reset password via email sampai 3x baru akunnya bisa sign in. Astagaa…!!

Setelah sign in, saya baru bisa melacak pesanan tiket kemudian mengirim voucher ke email. Alhamdulillah. Tenangggg…!

Dari situlah saya melacak pesanan saya. Bagaimana caranya: (KLIK DISINI UNTUK TUTORIAL MELACAK PESANAN TIKET VIA AGODA)

Nah, setelah pesanan terlacak. Ada baiknya kita juga mengkonfirmasi pesanan via hotel yang bersangkutan agar tidak terjadi miss komunikasi seperti yang lainnya.

Berikut saya lampirkan tips memesan tiket hotel yang saya kutip dari tulisan Endang Priyono- Kompasiana

  1. Untuk pesan hotel di dalam negeri sebaiknya tidak lewat penyedia jasa pemesanan hotel online, tapi langsung menghubungi hotelnya.
  2. Tidak semua kamar kosong yang ada di situs pemesanan hotel online benar-benar kosong, cek langsung dengan hubungi hotel tersebut. Sebab pemesan akan kerepotan jika terlanjur melakukan pembayaran padahal sesungguhnya hotel tersebut tidak ada kamar kosong, sebab uang yang terlanjur dibayar dengan kartu kredit akan dikembalikan tidak utuh setelah dipotong dan jangka waktunya lama.
  3. Manfaatkan situs pemesanan hotel hanya untuk melihat foto dan peta lokasi, selebihnya lebih baik menelpon langsung hotel yang bersangkutan.
  4. Kalau mau hemat lagi, pesan langsung datang ke hotel dengan meminta bantuan teman, sodara atau kerabat kita yang berada atau tinggal di lokasi tujuan.

Sekian, semoga travelling kita menyenangkan.


10 respons untuk ‘Pengalaman Tidak Menerima Konfirmasi Tiket Online Agoda

    1. Nggak refund sih mbak. Akhirnya buat akun dulu keesokan harinya sampai sistem agodanya siap lagi. Pas udah buat akun, kita bisa melacak tiketnya.. dengan mengirimkan ulang ke email.

      Suka

  1. Ternyata bukan hanya saya yg dikecewakan AGODA.
    Gini mbak, tgl 22-11-19 kemaren, saya booking 4 kamar via AGODA di OYOGal***, Buah Batu, Bandung.
    Setelah dpt email kode booking, saya lgs skrinsut & kirim ke mertua. Dan saat itu juga, mertua konfirm via telepon ke resepsionis, karena opsi “payment at the property” agar tidak diberikan kepada tamu lain.

    Esok siang hari ketika mertua hendak check in, dibilang resepsionis, bookingan sudah dibatalkan otomatis karena saya tidak confirm via email. Padahal, itu email sudah saya balas “confirmed,ok”.
    Saat itu, mertua hendak diberikan hanya 2 kamar dan mertua bersikeras 4 kamar.

    Singkat cerita, pesanan via AGODA telah dibatalkan dan saya kena charge 62% dari total invoice. Sementara, mertua saya tetap bayar penuh ke hotelnya.

    Sampai tulisan ini saya kirim, belum ada klarifikasi dari AGODA selaku pemotong kartu kredit saya.
    Mungkin mereka sedang berlatih untuk apalah itu namanya…

    Hati-hati buat rekan2, sebaiknya pilih hotel yang jelas berdiri sendiri bukan ke pihak kedua lagi, yang akan menjadi mbulet dan berbelit-belit.
    Misal, kalo mau nyari hotel OYO, ya pake aplikasinya.langsung. Boleh aja cari hotel OYO di AGODA asal siap2 hilang duit ekstra seperti yang saya alami.

    Maaf kalo kepanjangen ceritanya,

    Disukai oleh 1 orang

    1. Betul mas. Kalau saya pesan via pihak kedua,saya tetep konfirmasi ke hotel yang dituju. Soalnya pengalaman juga, ketika saya memesankan hotel untuk direktur saya ke Red***Z, sesampainya kamar itu ternyata udah dijual ke costumer lain. padahal hanya gara2 direktur saya terlambat datang ke hotel karena ada gangguan saat perjalanan.

      Hotelnya nakal banget. Pdahal kita udah bayar full. Akhirnya kami komplain ke pihak hotel.Dan direktur saya diganti dengan fasilitas premium.

      Suka

  2. ya betul, kami juga pernah panik gara-gara Agoda ternyata tidak link langsung dengan pihak hotel.
    Saya komplain tapi tidak ada akses, kecuali chat dengan robot. (hanya FAQ)
    Hindari Ag*d4! saya Kapok. kalau mau pesan lebih baik langsung ke pihak hotel. LANGSUNG.

    Suka

    1. Sipp lah. Semoga tidak ada lagi korban lainnya yang kecewa. Kalau buat sndiri mending-mending, lah kalau buat perjalanan bisnis ya mati gaya kita dihadapan atasan.

      Suka

  3. Saya sedang mengalami itu kak…

    Masukannya cukup bagus…
    Sayang sekali saya sudah trf via agoda. Hufft

    Suka

    1. Sama.. Sy juga bru melakukan pembayaran hotel via agoda. Waktu mau check ini pihak hotel bilang sudah tdk bkerjasama lg dgn agoda. Klo dh bgni mau complain kmna..

      Suka

  4. Saya sedang mengalami itu kak…

    Masukannya cukup bagus…
    Sayang sekali saya sudah trf via agoda. Hufft

    Suka

Yuk, diskusi ^_^